Inovasi Pembelajaran di
SD
oleh Erna Dumiarini
Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi
batasan, inovasi sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan
baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik
berupa gagasan, metode atau alat. (KBBI, 1990 : 330)
Menurut Gagne (1975), setidaknya ada
empat fungsi yang harus dilakukan guru kaitannya sebagai motivator.
1. Parousal
function atau membangkitkan dorongan siswa untuk belajar.
2. Expectancy funtion
yaitu menjelaskan secara konkret kepada siswa apa yang dapat dilakukan pada akhir pengajaran.
3. Incentive function
maksudnya guru memberikan ganjaran untuk prestasi yang dicapai siswa dalam
rangka merangsang pencapaian prestasi berikutnya dan
Keempat fungsi tersebut, selayaknya
diperankan dengan tepat oleh guru dalam sebuah proses pembelajaran, sehingga
diharapkan motivasi belajar siswa semakin lama akan semakin meningkat dan
tinggi.
Contoh
Inovasi Sederhana
Dunia anak (baca : TK dan SD)
merupakan dunia bermain, tetapi acap kali guru melupakan hal ini. Semestinya
setiap guru dalam setiap proses pembelajarannya menciptakan suasana yang
menyenangkan (fun), menggairahkan (horee), dinamis (mobile), penuh semangat
(ekpresif) dan penuh tantangan (chalenge).
Oleh karena itu berbagai inovasi dapat dicoba untuk dikembangkan walaupun amat sederhana. Beberapa bentuk inovasi yang sempat penulis cobakan, diantaranya:
Oleh karena itu berbagai inovasi dapat dicoba untuk dikembangkan walaupun amat sederhana. Beberapa bentuk inovasi yang sempat penulis cobakan, diantaranya:
1)
Pembuatan
yel-yel
Yel-yel ini biasanya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan beberapa yel yang telah diajarkan kepada mereka.
Tujuannya :
1.
menumbuhkan semangat belajar siswa.
2.
Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3.
Mewujudkan hubungan yang akrab antara guru dengan siswa dan
siswa dengan siswa.
Berbagai variasi yel dapat diciptakan oleh guru, dengan mengubah lagu tertentu yang sudah dihapal siswa serta menggunakan kepalan tangan, suara yang bersemangat, mimik muka serta kekompakan siswa dalam pengucapannya.
Penulis membagi pembuatan yel ini dalam dua bagian, yaitu yel-yel kelas, yang memberi semangat untuk pengkondisian kelas sehingga siswa siap belajar (apersepsi dan motivasi), dan yel-yel mata pelajaran yaitu memberi semangat untuk mengikuti pelajaran tertentu.
Di bawah ini, contoh-contoh yel yang telah dibuat dan dilakukan ketika akan dimulai proses pembelajaran.Semua yel-yel selalu diakhiri dengan lafadz takbir, sambil mengepalkan tangan kanan ke atas. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai kepada siswa bahwa semua yang ada di dunia ini adalah kecil, yang maha besar dan maha angung hanyalah
2) Pemberian Penghargaan
Berdasarkan pangalaman di lapangan, anak kelas bawah (baca : SD) amat senang apabila usaha belajarnya dihargai dan mendapat pengakuan dari guru, walaupun amat sederhana. Oleh karena itu, para guru nampaknya jangan terlalu pelit untuk memberikan penghargaan, selama dilakukan dengan memperhatikan waktu dan cara yang tepat. Penghargaan itu sendiri dapat dimaknai sebagai alat pengajaran dalam rangka pengkondisian siswa menjadi senang belajar.
Tujuannya:
-Mendorong siswa agar lebih giat belajar.
-Memberi apresiasi atas usaha mereka.
-Menumbuhkan persaingan yang sehat antar siswa untuk meningkatkan prestasi
Pemberian penghargaan ini dapat
dilakukan dengan berbagai cara dan sesuai kesempatan yang ada. Penulis
membaginya dalam beberapa macam, yakni dalam bentuk ucapan, tulisan,
barang/benda dan penghargaan khusus. Seyogyanya penghargaan ini dapat menjadi
kebanggaan siswa akan eksistensi dirinya, yang nantinya meningkatkan rasa
percaya diri dan motivasi diri.
1) Penghargaan berupa ucapan.
Pemberian penghargaan ini dapat dilakukan dengan direncanakan terlebih daluhu atau bersifat spontan saja. Yang terpenting bahwa setiap siswa yang menunjukkan suatu usaha, maka layak dihargai. Pemberian pujian bagi siswa yang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti kata-kata
YESS
! (sambil mengancungkan jempol tangan),
Excelent (dua jari membentuk huruf
V),
Thankyou
Very Much (kedua tangan diacungkan ke atas) dll.
2) Penghargaan berupa tulisan.
Hal ini dapat dilakukan setiap hari, ketika siswa mengerjakan tugas atau PR. Penghargaan ini diberikan dengan cara guru menuliskan di buku catatan atau tugas siswa, berupa kata pujian, terutama bagi siswa yang berhasil mendapat nilai bagus (80-100). Kalimat pujian tersebut diantaranya
Hal ini dapat dilakukan setiap hari, ketika siswa mengerjakan tugas atau PR. Penghargaan ini diberikan dengan cara guru menuliskan di buku catatan atau tugas siswa, berupa kata pujian, terutama bagi siswa yang berhasil mendapat nilai bagus (80-100). Kalimat pujian tersebut diantaranya
“ selamat, you are the best student
“ ,
“ Alhamdulillah, kamu anak pintar “
,
“
pacu terus prestasimu “ ,
3)
Penghargaan berupa barang/benda
Berbagai benda sebenarnya dapat dijadikan alat penghargaan, baik benda yang sudah ada maupun yang telah dimodifikasi/disiapkan.
Penulis misalnya memberikan penghargaan berupa :
Berbagai benda sebenarnya dapat dijadikan alat penghargaan, baik benda yang sudah ada maupun yang telah dimodifikasi/disiapkan.
Penulis misalnya memberikan penghargaan berupa :
-Bintang, terbuat dari kertas
karton/asturo berukuran kecil bagi siswa yang mendapat nilai tinggi (80-100)
baik latihan soal, tugas maupun PR.
-Kalung medali pelajaran, terbuat dari gabus yang menyerupai sebuah medali dengan menggunakan tali warna. Medali dibuat khusus untuk setiap mata pelajaran, dan diberikan kepada siswa setiap selesai ulangan harian. Siswa yang mendapat nilai tertinggi dalam ulangan harian berhak menerima medali.
Sewaktu-waktu tidak ada salahnya apabila guru memberikan penghargaan berupa uang jajan, walaupun dengan nilai nominal yang relatif kecil. Bagi siswa terkadang bukan besar kecilnya uang tetapi kebanggaan mendapatkannya dari guru yang dicintainya.
4) Penghargaan khusus
Penghargaan ini sifatnya spontan dan insidental, di mana siswa yang berhasil menjawab dengan tepat pertanyaan dari guru dimungkinkan untuk istirahat atau pulang terlebih dahulu.
3. Pemberian sanksi
Dalam sebuah proses pembelajaran perlu ada semacam aturan main (rule of the game). Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, termasuk perlu adanya sanksi yang disepakati bersama antara guru dengan siswa. Tetapi diupayakan dalam pemberian saknsi ini betul-betul bersifat pedagogis (mendidik).
Tujuannya :
-Terwujudnya kelas yang tertib, namun diupayakan tetap menyenangkan.
-Penanaman disiplin kepada anak.
-Mendidik siswa untuk bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan.
4. Pokjar (Kelompok Belajar)
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa, setiap kelompok dipilih satu ketua yang mampu memimpin dan membantu anggotanya.
Tujuannya :
-Melatih kerjasama antara siswa
-Menanamkan jiwa kepemimpinan dan saling membantu
-Terjadi pertukaran pengetahuan dan memungkinkan siswa yang sudah paham mengajari teman lainnya .
Dalam pelajaran tertentu, guru memberikan masalah kemudian siswa mendiskusikanya dalam kelompok. Adapun tempat pengerjaannya diserahkan sepenuhnya pada mereka, asal waktunya ditetapkan dengan jelas. Mereka boleh mengerjakan di kelas (in-door) atau diluar kelas (out-door) seperti perpustakaan, halaman sekolah, aula atau mushola.
Bagi kelompok yang berhasil meraih nilai tertinggi dan paling cepat, akan diberi penghargaan berupa bintang kelompok, yang nantinya ditempel di dinding dengan menggunakan gabus berukuran 100 cm x 75 cm. Gabus tersebut diberi tulisan “ Alhamdulillah, Mamah….. Mamah……….. inilah bintang kelompokku………”.
5. Perpustakaan Kelas
Penanaman kebiasaan membaca harus selalu ditumbuhkan. Kehadiran perpustakaan kelas merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan. Berbagai buku yang bersifat ringan dan dapat menggugah kreativitas siswa bisa dijadikan referensi. Majalah Bobo, Annida, Anak Sholeh, buku cerita, kisah sahabat dan petualangan hewan merupakan pilihan bagi mereka.
Tujuannya :
-Menanamkan kebiasaan membaca sejak dini, karena membaca adalah kunci pengetahuan.
-Memanfaatkan waktu luang secara baik.
-Adapun sumber bukunya dapat diperoleh dari sumbangan siswa sendiri yakni membawa buku bacaan bekas dari rumah, membeli atau sumbangan.
6. Mading Kelas
Kehadiran majalah dinding (mading) kelas menjadi satu terobosan yang cukup baik. Diantara siswa ada yang dipilih menjadi pengurus mading. Mereka ada yang bertugas sebagai pimpinan redaksi, reporter, ilustrasi atau pencari berita.
Tujuannya :
-Menampung hasil karya siswa berupa gambar, cerita/karangan, puisi, atau pengalaman pribadi.
-Membiasakan siswa untuk menulis, segala ide, impian dan harapan dapat ditumpahkan dalam karya tulis.
-Menumbuhkan semangat belajar dan membaca.
-Biasanya siswa akan senang, apabila karyanya dilihat oleh teman-temannya. Hasil karya yang ditempel bisa saja sengaja dibuat oleh siswa di rumah atau hasil tugas mata pelajaran tertentu.
7. Setting Kelas
Untuk sekolah yang full day school kemungkinan besar siswa akan merasa jenuh dan capek berada terus di sekolah atau kelas. Oleh karena itu bagaimana menciptakan ruangan dan suasana kelas yang meminimalisir kejenuhan mereka.
Setting kelas dapat dilakukan oleh guru dengan cara penataan ruangan, pemasangan gambar, tulisan yang memotivasi, warna-warni yang menyolok, hiasan yang menggugah poster dll.
Contohnya poster dapat ditempel di dinding kelas. Bunyi
poster misalnya,
“
BELAJAR ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN “,
“
MEMBACA MENJADI KEBUTUHANKU “,
“AKU
INGIN MENJADI ANAK PINTAR DAN SHOLEH “,
“ BELAJAR ITU IBADAH, BERPRESTASI
ITU INDAH.”
Setiap minggu sekali, siswa diperbolehkan untuk berpindah tempat duduknya, sesuai keinginan mereka. Papan tulis, setiap semester sekali dapat dirubah posisinya, sesuai kesepakatan dengan siswa.
Setiap minggu sekali, siswa diperbolehkan untuk berpindah tempat duduknya, sesuai keinginan mereka. Papan tulis, setiap semester sekali dapat dirubah posisinya, sesuai kesepakatan dengan siswa.
8. Mencatat dengan Peta Pikiran
Hasil temuan mutakhir menunjukan bahwa otak manusia memiliki kehebatan yang luar biasa, ada otak kiri dan otak kanan. Untuk mengembangkan kemampuan otak kanan yang penuh dengan imajinasi, siswa diajarkan cara menulis dengan menggunakan peta pikiran.
Tujuannya :
-Mempermudah mengingat/menghapal materi pelajaran.
-Menulis sambil menggambar disertai warna akan lebih menarik dan tidak jenuh.
-Mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak.
Guru harus menyusun terlebih dahulu materinya yang sesuai. Siswa diberi kebebasan untuk mewarnai, menggambar dan membuatnya sendiri.
Hasil temuan mutakhir menunjukan bahwa otak manusia memiliki kehebatan yang luar biasa, ada otak kiri dan otak kanan. Untuk mengembangkan kemampuan otak kanan yang penuh dengan imajinasi, siswa diajarkan cara menulis dengan menggunakan peta pikiran.
Tujuannya :
-Mempermudah mengingat/menghapal materi pelajaran.
-Menulis sambil menggambar disertai warna akan lebih menarik dan tidak jenuh.
-Mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak.
Guru harus menyusun terlebih dahulu materinya yang sesuai. Siswa diberi kebebasan untuk mewarnai, menggambar dan membuatnya sendiri.
9. Penggunaan alat peraga
Alat peraga boleh dikatakan sebagai salah satu pendukung kesuksesan pembelajaran, karena dengan media ini biasanya pembelajaran menjadi lebih menarik. Berbagai media dapat dibuat guru walaupun sederhana.
Tujuannya :
-Memperjelas materi yang disampaikan, karena siswa melihat secara langsung.
-Menarik siswa sehingga penbelajaran lebih hidup dan dinamis.
-Sebagai sarana untuk menambah pemahaman siswa tentang materi mata pelajaran, terutama media yang berupa permainan.
Media yang dapat dibuat misalnya :
kartu permainan perkalian.
pembagian
dan pengurangan.
Angka
gabus berwarna (matematika),
fuzel
IPA,
PP
IPA,
kartu
permainan IPA (IPA),
PP
IPS,
mata
angin,
gambar,
denah (IPS),
kartu berpasangan,
papan sinonim/antonim (B.
Indonesia).
Prinsip utama dari pembuatan alat
peraga adalah dengan media maka pembelajaran lebih bermakna dan menggairahkan.
10. Pembelajaran sambil bermain
Kegiatan ini amat tergantung pada gurunya. Pembelajaran tidak harus selalu serius, siswa duduk manis semua di meja, mendengarkan ceramah guru dengan tidak boleh melirik kiri dan kanan. Sebenarnya dimungkinkan pembelajaran dengan mengadopsi berbagai permainan yang sering dilihat oleh anak-anak di TV seperti kuis siapa aku, tebaklah, siapa berani dll.
Selain itu guru bisa mengembangkan metode ini berdasarkan pengalaman di lapangan.
Contohnya dalam pelajaran B. Indonesia, mengadakan permainan
tebak kata, di mana setiap siswa menyiapkan kata yang telah dipahami artinya,
kemudian dia mengemukakan huruf awal sambil menyebutkan ciri-cirinya. Permainan
peribahasa, dengan cara melanjutkan peribahasa yang telah diucapkan siswa lain,
apabila ada yang salah maka, dia maju ke depan untuk bernyanyi (nasyid).
Begitu banyak bentuk permainan yang
dapat dilakukan oleh guru, dan kesemuanya bertujuan untuk lebih menarik siswa
dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar