Social Icons

Rabu, 24 Oktober 2012

Tombo Ati


Oleh Guruh Aris Setyawan

ADA APA SICH DIBALIK MAKNA LAGUNYA OPICK ??

TOMBO ATI, IKU LIMA PERKARANE

KAPING PISAN           MACA QUR’AN LAN MAKNANE
KAPING PINDO          SHALAT WENGI LAKONANA
KAPING TELU             WONG KANG SHALEH KUMPULANA
KAPING PAPAT            KUDU WETENG INGKANG LUWE
KAPING LIMA DZIKIR WENGI INGKANG SUWE

SALAH SAWIJINE, SAPA BISA NGELAKONI
MUGI MUGI GUSTI ALLAH NGECUKUPI

OBAT HATI , OPICK

Nah…..!!! Bagaimana dengan Lagu yang ada di atas sobat? Bagus kan???
Lagu yang satu ini mempunyai makna yang sangat dalam loh sobat . . . yaa meskipun dapat dikatakan agak JADUL karena lagu ini muncul pada tahun 2004 silam, namun tidak banyak loh yang mengerti makna isi lagu ini. Untuk itu marilah kita sejenak merenungi serta membaca isi dari lagu ini.

            Lagu ini sebenarnya sudah ada sejak zaman wali sanga (9) yang berguna untuk menyebarkan agama Islam khususnya yang ada di pulau Jawa . karena syair lagu yang satu unik dan menarik. Selain lagu ini juga ada lagu lain seperti LIR-IILIR, Asmarandana , dll. Karena itu sobat mari kita pelajari lagu dari Opick ini. . . Are you Ready . . . . ?

TOMBO ATI, IKU LIMA PERKARANE

Hamba Allah   : “ Maksutnya Apa Te Syair Lagu Yang Ini ? ? “

            Maksud lirik lagu  ini adalah jika kita sedang bersedih atau dalam kebingungan , hendaknya kita selalu mengingat Allah S.W.T . karena dengan selalu mengingat-Nya kita akan senantiasa berada dalam lindungannya. Apa lagi dalam syair ini kita hendaknya selalu menegakkan perintah Allah S.W.T tentang shalat lima waktu. Karena shalat itu merupakan tiangnya agama. Dan shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar seperti firmannya :

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. ( Q.S AL ‘Ankabuut 45 )

            Selain shalat wajib lima waktu itu , juga terdapat shalat sunah yang lainnya. Maka lakukanlah shalat karena diakhirat kelak amalan yang pertama di hisab adalah ‘ SHALAT”. Nah Untuk itu ayo sobat kita biasakan Shalat 5 Waktu yuk sobat, Dan shalat Sunnah Lainnya juga Donk . . .

KAPING PISAN MACA QUR’AN LAN MAKNANE

            Nah makna dari “ Maca Qur’an Lan Maknane “ adalah kita hendaknya selalu membaca Al Qur’an. jika kita sedang nganggur atau sedang dalam keadaan susah karena sesungguhnya membaca Al Qur’an ini dapat menenangkan hati, fikiran serta memperdalam Iman kita terhadap Allah S.W.T . Anjuran membaca Al-Qur’an ini telah di wajibkan kepada kita oleh Allah dalam firmannya Lho .

 “ Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan.Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalamDia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. “(Q.S AL – ‘Alaq 1 – 5 )

            Nahhh ….. Maka dari itu marilah kita senantiasa mengamalkannya sobat. Selain itu , firman Allah diatas tersebut merupakan wahyu pertama yang diterima oleh nabi Muhammad S.A.W lhoo…wah kalau kita tidak mengamalkannya Rugi banget lho sobat . . . mumpung kita masih diberikan kekuatan serta kesempatan , ayo bersama sama kita baca serta kia amalkan . jangan sampai kita duakan bacaan  yang sangat bernilai tinggi ini, karena kelak ia ( Al Qur’an ) Akan menjadi syafaat atau pertolongan bagi yang membacanya lho sobat . . .  OK?

            Selain Itu Al-Qur’an juga dapat menjadi obat bagi orang yang sakit lho.. karena di dalam Al Qur’an Terdapat ayat ayat yang berisikan doa. anda tidak Percaya???? Silahkan mecoba !!!!!


KAPING PINDO SHALAT  WENGI LAKANANA

            Apa Sich Shalat (Sunnah) Malam Itu ? Shalat ( Sunnah )Malam itu adalah Ibadah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari yang hikumnya disunahkan bagi kaum muslim. Nah demikian definisi dari shalat Malam. Shalat Malam itu banyak sekali macamnya misalnya : Shalat Hajat, Shalat tahajud, Shalat Tasbih , Shalat Witir, Shalat Tarawih , dll. Namun untuk waktunya, Shalat Tarawih hanya dikerjakan pada bulan Ramadhan Saja, sedangkan untuk shalat malam yang lain dapat dikrjakan pada hari hari biasa.
           
“ Jam Berapakah Shalat Malam itu Dikrjakan? “
Shalat malam itu dikerjakan setelah matahari mulai tergelincir ( Setelah Shalat Magrib ), Namun waktu yang paling afdol atau yang paling utama untuk mengerjakan shalat malam tersebut adalah sepertiga malam terakhir atau sekitar jam 02.00 – 04.00. ini dikarenakan doa yang kita panjatkan akan didengar Oleh Allah S.W.T . Firman Allah :

 “ Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya , dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan.” Q.S As-Sajadah 16

Bagi Sobat Metall yang mempunyai hajat atau dalam keadaan yang susah atau sedih, shalat malam akan memberikan ketenangan setenang keadaan malam dihatinya. Karena Saat Shalat malam,hati kita akan Lebih tersambung dengan Allah S.W.T. Firman allah :

 “ Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. “ Q.S Al Huud 114.

Dari Firman diatas sangatlah jelas bahwa Shalat Malam itu akan menghapuskan sebagian dosa dosa kita, sehingga jiwa menjadi lebih tenang.

KAPING TELU WONG KANG SHALEH KUMPULANA

Siapakah Orang – Orang Shaleh Itu ? DIfinisi Orang – Orang Shaleh itu adalah Orang yang senantiasa berbuat kebajikan serta berbuat sesuatu yang berguna bagi orang Lain. Dengan kita berkumpul dengan Orang – orang tersebut, kita akan senantiasa berfikir positif serta berfikir yang logis demi kebaikan bersama. Selain itu kita juga dapat masukan masukan atau saran yang baik untuk memperbaiki tingkah laku kita .

KAPING PAPAT, KUDU WETENG INGKANG LUWE

            “ maksut dari ungkapan diatas adalah kita Harus snantiasa Menjaga tubuh kita dari barang barang dan hal – hal yang haram .” yaitu dengan memperbanyak berpuasa, puasa sunnah Maupun Puasa Wajib. Ketentuan Puasa telah tertuang dalam Firman Allah :

 “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” Q.S Al-Baqarah 183

Manfaat dari Puasa Yaitu dapat memberikan Rasa Persaudaraan terhadap saudara saudara muslim untuk saling berbagi sesama lain. Selain itu dapat memberikan kesehatan khususnya bagi penderita Penyakit Maag karena dengan berpuasa , dapat mengatur pola makan kita sehari hari. Rasulullah S.A.W Bersabda :

            “Berpuasalah kamu sekalian, supaya Sehat (H.R Bukhari – Muslim)”
Dari Sabda Rasullulah tersebut tentunya kita dapat mengambil pelajaran agar kita senantiasa menjaga pola makan kita akar kita terhindar dari segala penyakit.

KAPING LIMA DZIKIR WENGI INGKANG SUWI

            Maksud dari Syair yang terakhir ini adalah Senantiasa mengingat Allah dimanapun kita berada. Keutamaan mengingat Allah ini akan membuat hati kita menjadi lebih tenang , lebih tersambung dengan sang khalik , dan insya Allah akan senantiasa bertakwa padanya. Untuk itu sobatmetall, jika kita sedang susah janganlah kita pernah menjauh dari Allah Sobat, karena Allah senantiasa mendengar doa yang hamanya yang di panjatkan.

            Manfaat lain dari Dzikir malam ialah membuat daya fakir kita menjadi lebih tajam lagi. Ini khususnya dipergunakan pada usia-usia paruh baya. Karena saat kita berdzikir maka syaraf syaraf di otak ini akan menjadi lebih fress lagi. Sehingga kita akan mudah mengingat- ingat hal hal yang mungkin telah terlupakan.

            Naaaahhhhh…..sedemikianlah sobat makna dari syair lagu Opick yang Berjudul Obat Hati ini. Nah penasaran mau mencoba??? Silahkan saja Sobat, mumpung kita masih diberikan kesempatan . . . OK.
 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar