Social Icons

Selasa, 23 Oktober 2012

Sistem Belajar dalam Standart Proses Pendidikan




Pengertian dan Kegunaan  Sistem
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Karakteristik suatu sistem yaitu setiap sistem memiliki tujuan, sistem selalu mengandung suatu proses, proses kegiatan dalam suatu sistem selalu melibatkan dan memanfaatkan berbagai komponen atau unsur-unsur tertentu.

Keuntungan memiliki perencanaan yang sistematis:
1.      Melalui proses perencanaan yang matang, guru akan terhindar dari keberhasilan secara untung-untungan.
2.      Melalui sistem perencanaan yang sistematis, guru dapat menggambarkan berbagai hambatan.
3.      Guru dapat menentukan berbagai langkah dalam memanfaafkan berbagai
4.      sumber dan fasilitas yang ada.

Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Sistem Pembelajaran
1.      Guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran.Tanpa guru ,bagaimanapun bagus dan idealnya suatu strategi itu tidak mungkin bisa diaplikasikan.
2.       Faktor siswa, Faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek siswa yaitu aspek latar belakang siswa yang meliputi jenis kalamin siswa, tempat kelahiran, tingkat sosial ekonomi dari keluarga dan aspek sifat yang dimiliki siswa meliputi kemampuan dasar,pengetahuan, dan sikap.
3.      Faktor Sarana dan Prasarana, Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekoah, dll. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran, misalnya jalan menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar mandi,dll.
4.      Faktor lingkungan, Dilihat dari dimensi lingkungan ada 2 faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu faktor organisasi kelas yang meliputi jumlah siswa dalam satu kelas dan faktor iklim sosial-psikologis, maksudnya keharmonisan hubungan antara orang yang terlibat dalam proses pembelajaran. Iklim sosial ini dapat terjadi secara internal yaitu hubungan antara orang yang terlibat dalam lingkungan sekolah atau eksternal yaitu keharmonisan hubungan antara pihak sekolah dengan dunia luar.

Diposkan Oleh Erna Dumiarini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar