Social Icons

Rabu, 31 Oktober 2012

UPAYA MELINDUNGI SUMBER AIR

Oleh Eti Rizki Handayani



  Penetapan daerah sempadan sumber air bertujuan agar :

1. Fungsi sumber air tidak terganggung oleh aktivitas yang berkembang di sekitarnya;
2. Daya rusak air pada sumber air dan lingkungannya dapat dibatasi dan dikendalikan;
3. Kegiatan pemanfaatan dan upaya peningkatan nilai manfaat sumber air dapat memberikan hasil secara optimal, sekaligus menjaga kelestarian fisik dan kelangsungan fungsi sumber air;
4. Pembangunan dan/atau bangunan di pinggir sumber air wajib memerhatikan kaidah-kaidah ketertiban, keamanan, keserasian, kebersihan dan keindahan daerah sempadan sumber air;
5. Para penghuni dan/atau pemanfaat bangunan serta lahan di pinggir sumber air, wajib berperan aktif dalam memelihara kelestarian sumber air.

BENUA di DUNIA

Oleh Eti Rizky Handayani

1.BENUA-BENUA DI DUNIA

Daratan yang luas dinamakan benua. Benua yang satu dengan benua yang lain dipisahkan oleh perairan. Wilayah perairan yang memisahkan benua-benua di dunia disebut samudra. Di dunia ada 5 benua yaitu: benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia. Sedangkan untuk samudra ada 4 yaitu samudra Hindia, Pasifik, Atlantik dan Arktik. Berikut kita akan membahas satu persatu benua-benua yang ada di dunia.

Dokumen Diri dan Keluarga


Oleh Eti Rizky Handayani

BAB I “ DOKUMEN DIRI DAN KELUARGA”

Standar kompetensi
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

Kompetensi Dasar
1.1    Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.

Wujud Benda dan Sifatnya


oleh Erlina Budi Utami

1. Benda Padat

Di sekitar kelasmu tentu banyak benda padat. Di antaranya ada pensil, karet penghapus, dan buku tulis. Tahukah kamu sifat-sifat benda padat tersebut? Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda padat.
Sifat-sifat benda padat di antaranya mempunyai bentuk tetap, walaupun diletakkan di tempat yang berbeda. Selain itu, benda padat bersifat dapat diubah bentuknya. Benda padat dapat berubah bentuk karena perlakuan tertentu. Perlakuan tersebut di antaranya karena ditekan atau dipukul.

PERKEMBANGBIAKAN HEWAN

oleh Erlina Budi Utami

Berkembang biak adalah suatu kemampuan makhluk hidup untuk memperbanyak diri, atau menghasilkan keturunan. Tujuan perkembangbiakan adalah untuk mempertahankan jenisnya agartetap lestari dan terhindar dari kepunahan.banyak cara yang dilakukan hewan untuk berkembang biak, yaitu tergantung jenis masing-masing.

Penggolongan Tumbuhan


Oleh Erlina Budi Utami

Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis daun, jenis batang, dan jenis akarnya.

1. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Ada 2 macam tempat hidup tumbuhan,yaitu di darat dan di air. Amatilah tumbuhan yang ada di sekitarmu. Adakah pohon kelapa atau pohon pisang di dekat rumah atau sekolahmu? Di manakah tempat hidup pohon-pohon tersebut? Pohon kelapa dan pohon pisang tempat hidupnya di darat. Pada Gambar di bawah terlihat tumbuhan anggrek yang hidup di darat. Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat adalah mawar, melati, jagung, dan ketela. Namun, ada pula tumbuhan yang tempat hidupnya di air, seperti teratai, eceng gondok, dan kangkung.

PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN BENDA-BENDA DI LANGIT


oleh Erlina Budi Utami

Perubahan Kenampakan Bumi

Perubahan kenampakan bumi dapat terjadi karena peristiwa alam atau karena ulah manusia.Perubahan ini terjadi baik di daratan maupun di lautan. Penyebab perubahan kenampakan bumi diantaranya terjadinya erosi dan pasang naik dan pasang surut air laut.

1.Erosi

Erosi dapat terjadi di berbagai tempat di permukaan bumi, seperti di gunung-gunung atau bukit, di gurun, dan di pegunungan es. Bagaimana terjadinya dan apa penyebabnya? 

Macam Macam Energi

Oleh Erlina Budi Utami


Ada banyak macam bentuk energi. Makanan yang dimakan memiliki energi kimia. Batu baterai mempunyai energi kimia, tetapi lampu senter menyala karena adanya energi listrik. Selain energi kimia dan energi listrik masih ada banyak jenis energi lainnya, antara lain energi bunyi, energi kalor, energi cahaya, energi pegas, energi nuklir, dan energi mekanik. Berikut ini akan kita pelajari bentuk-bentuk energi tersebut.

•Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Contoh sumber energi kimia adalah bahan makanan yang kita makan. Bahan makanan yang kita makan mengandung unsur kimia. Dalam tubuh kita, unsur kimia yang terkandung dalam makanan mengalami reaksi kimia. Selama proses reaksi kimia, unsur-unsur yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia. Energi kimia yang dilepaskan berguna bagi tubuh kita untuk membantu kerja organ-organ tubuh, menjaga suhu tubuh, dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Contoh energi kimia lainnya adalah pada peristiwa menyalanya kembang api. Energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar jenis ini sangat besar sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mobil, pesawat terbang, dan kereta api.

Kesebangunan


ciri-ciri maklhuk hidup


Oleh Erlina Budi Utami

Ingatkah kamu bahwa hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup. Ciri-ciri hidup tersebut adalah bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsang dan beradaptasi.

Bernapas

Ciri utama makhluk dikatakan hidup yaitu bernapas. Ketika bernapas makhluk hidup menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.
Reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida.

Senin, 29 Oktober 2012

Ruang Lingkup IPS

Oleh Eti Rizky Handayani

1.      Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS

     IPS adalah ilmu sosial yang secara harfiah terbagi menjadi tiga sub bidang ilmu yaitu Geografi, Sejarah dan Kependudukan. Masing masing bagian tersebut dapat lagi dibedakan berdasarkan bidang kajian masing-masing. Semakin tinggi kompleksitas kedalaman ilmu maka semakin sempit ruang lingkup yang dikaji. Sedangkan untuk sekolah dasar pokok pokok materi mengambil kepada 3 bidang tersebut yang terkadang diberikan secara terintegrasi.

Apresiasi Drama Dokter dan Perawat



Drama adalah sebuah genre sastra penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya dialogue atau cakapan di antara tokoh-tokoh yang ada.
Aristoteles mendeskripsikan bahwa drama adalah tiruan atas lakuan (the imitation of an act).Hal ini dapat diartikan juga bahwa drama adalah sebuah tiruan dari kehidupan manusia yang kemudian dilakonkan dalam sebuah drama.
Anatomi sastra drama terdiri atas :

Rabu, 24 Oktober 2012

Konsep nilai



Oleh Guruh Aris Setyawan
            Dewasa ini sering sekali kita mendengar Pemerintah gencar mempromosikan Pendidikan Karakter atau Karakter Building. Mugkin kita bertanya Mengapa Pemerintah mengadakan sebuah pendidikan Karakter, Padahal Indonesia terkenal dengan semua kekayaan kepribadian Bangsa??
            Mungkin saat inni perlu dipertimbangkan lagi. Pemerintah saat ini sedang prihatin dengan kondisi generasi muda di Indonesia Yang mengalami kemrosotan Moral. Hal itu sangat terlihat jelas saat ini. Contohnya hilangnya rasa persatuan kesatuan seperti tawuran antar siswa di Jakarta , dan tawuran antar Mahasiswa di Makassar yang menelan korban jiwa.
            Untuk itu sebagai calon guru ada baiknya kita mengulas kembali apa yang menjadi dasar permasalahan sehingga kita mampu menanamkan pendidikan karakter secara baik dan benar. Adapun yang kita evaluasi antara lain tentang Pemahaman Terhadap Nilai, Sikap, Tingkah laku, Moral dan Norma.

Bermain sambil belajar


oleh Erlina Budi Utami
    Menurut pandangan para ahli psikologi perkembangan, bermain sangat bermanfaat bagi
perkembangan kognitif dan kreatif, sebab pada dasarnya bermain itu sangat erat kaitannya dengan perkembangan serta kewajaran dan keindahan gerak manusia. Para ahli antropologi berpendapat bahwa bermain bagi masyarakat primitif berguna untuk mengajarkan teknik-teknik untuk menyelamatkan diri dan mempertahankan hidup.

Video Pembelajaran Segitiga Kogruen


Pancasila Sebagai Pemersatu Indonesia

 Oleh Guruh Aris Setyawan

A.Pancasila sebagai Ideologi dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

       Pancasila adalah sebuah ideology Negara Indonesia yang berasal dari  Negara Indonesia sendiri. Nilai – nilai pancasila tersebut sudah ada sejak dahulu kala dimana nilai nilai tersebut berwujud dari kebiasaan – kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Nilai tersebut berupa nilai social, agama, nilai persatuan dan masih banyak nilai-nilai yang lainnya.
       Indonesia merupakan Negara yang mepunyai banyak budaya (multi kulturalisme) yang menjadi kekayaan Negara Indonesia. Setiap wilayah tertentu tentu budaynya tidaklah sama , misalnya masyarakat yang ada di Banda aceh tentu memiliki budaya yang berbeda dengan masyarakat yang ada di Wamena Papua. Begitupun juga terhadap suku , agama, dan kehidupannya memiliki cirri khas yang tersendiri. Pancasila mengandung nilai untuk saling menghargai antar satu sama lain. Perbedaan karakter merupakan sebuah kekayaan yang ssenatiasa dijaga dan dilindungi oleh pancasila.

Perkembangan Islam di Indonesia

Oleh Guruh Aris Setyawan

           Islam merupakan salah satu agama yang masuk dan berkembang di Indonesia. Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda, karena di mass media mungkin Anda sudah sering mendengar atau membaca bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki penganut agama Islam terbesar di dunia
Agama Islam masuk ke Indonesia dimulai dari daerah pesisir pantai, kemudian diteruskan ke daerah pedalaman oleh para ulama atau penyebar ajaran Islam. Mengenai kapan Islam masuk ke Indonesia dan siapa pembawanya terdapat beberapa teori yang mendukungnya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak uraian materi berikut ini. Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia

Tombo Ati


Oleh Guruh Aris Setyawan

ADA APA SICH DIBALIK MAKNA LAGUNYA OPICK ??

TOMBO ATI, IKU LIMA PERKARANE

KAPING PISAN           MACA QUR’AN LAN MAKNANE
KAPING PINDO          SHALAT WENGI LAKONANA
KAPING TELU             WONG KANG SHALEH KUMPULANA
KAPING PAPAT            KUDU WETENG INGKANG LUWE
KAPING LIMA DZIKIR WENGI INGKANG SUWE

Selasa, 23 Oktober 2012

Apakah Anda Guru Professional??


SEPULUH CIRI GURU PROFESIONAL
Oleh Eti Rizki Handayani 

Apakah Anda guru Professional??? Ada Baiknya anda ketahui Dari sini 

1. Selalu punya energi untuk siswanya

Seorang guru yang baik selalu perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.

Protozoa


Oleh Erlina Budi Utami

1. Karakteristik Protozoa

                Protozoa merupakan protista yang menyerupai hewan. Protozoa berasal dari bahasa yunani protos yang berarti pertama dan zoon yang berarti hewan. Protozoa merupakan mikroorganisme uniseluler dengan dua macam bentuk tubuh yaitu tetap dan tidak tetap. Bentuk yang tetap dari tubuh protozoa disebabkan beberapa spesiesnya mengandung zat kapur. Secara umum, sel tubuh protozoa terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu membran plasma yang tersusun atas senyawa lipoprotein, sitoplasma yang bersifat koloid, dan inti sel. Inti sel berperan dalam proses reproduksi sel.

Usaha Mengembangkan Sikap Sosial Anak Melalui Permainan


Oleh Erlina Budi Utami

Menyertai perkembangan fisik dan psikis sejak masa bayi teramati kegiatan awal dalam bermain dan sikap kompetitif yang wajar dan sportif terhadap sesamanya. Anak mulai bermain dan bercakap sendiri, di rumah atau halaman kemudian meluas kepada tetangga sebaya dan orang-orang lingkungan terdekat. Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kesenangan, kegembiraan, dan kepuasaan tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Terlebih jika didorong orang tua dan dipacu orang-orang di sekitarnya.

Peran Guru BK di SD



Sembilan peran guru dalam kegiatan BK, yaitu:
1.      Informator, guru diharapkan sebagai pelaksana cara mengajar informatif, laboratorium, studi lapangan, dan sumber informasi kegiatan akademik maupun umum.
2.      Organisator, guru sebagai pengelola kegiatan akademik, silabus, jadwal pelajaran dan lain-lain.
3.      Motivator, guru harus mampu merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamisasikan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas) sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar-mengajar.
4.      Director, guru harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan.
5.      Inisiator, guru sebagai pencetus ide dalam proses belajar-mengajar.
6.      Transmitter, guru bertindak selaku penyebar kebijaksanaan dalam pendidikan dan pengetahuan.
7.      Fasilitator, guru akan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar-mengajar.
8.      Mediator, guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar siswa.
9.      Evaluator, guru mempunyai otoritas untuk menilai prestasi anak didik dalam bidang akademik maupun tingkah laku sosialnya, sehingga dapat menentukan bagaimana anak didiknya berhasil atau tidak.

Diposkan Oleh Erna Dumiarini

Sistem Belajar dalam Standart Proses Pendidikan




Pengertian dan Kegunaan  Sistem
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Karakteristik suatu sistem yaitu setiap sistem memiliki tujuan, sistem selalu mengandung suatu proses, proses kegiatan dalam suatu sistem selalu melibatkan dan memanfaatkan berbagai komponen atau unsur-unsur tertentu.

Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD

Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD


Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, pada masa ini  seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal.

Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan keseimbangannya. Mereka telah dapat melompat dengan kaki secara bergantian, dapat mengendarai sepeda roda dua, dapat menangkap bola dan telah berkembang koordinasi tangan dan mata untuk dapat memegang pensil maupun memegang gunting. Selain itu, perkembangan sosial anak yang berada pada usia kelas awal SD antara lain mereka telah dapat menunjukkan keakuannya tentang jenis kelaminnya, telah mulai berkompetisi dengan teman sebaya, mempunyai sahabat, telah mampu berbagi, dan mandiri.

Model Pembelajaran Terpadu

10 macam model pembelajaran terpadu, seperti :

1.         The connected model (model terhubung)

Model yang terfokus pada pembentukan saling keterhubungan dalam satu mata pelajaran. Yakni keterhubungan antar satu konsep, tugas dan juga keterhubungan antara ide pada semester saat ini dengan semester yang akan datang.

2.         The webbed model (model jaring laba-laba)

Model ini menggunakan pendekatan tematik dalam memadukan beberapa bidang studi atau mata pelajaran..

3.         The integrated model ( model integrasi)

Merupakan pola baru dan rancangan yang menggunakan elemen-elemen dasar tiap-tiap disiplin ilmu. Cara interdisiplin ini mencocokan subjek-subjek untuk mengisi topik dan konsep dengan beberapa tim pengajaran di dalam suatu model integrasi yang otentik.

Kamis, 11 Oktober 2012

Berguru Kepada Lebah


Guruh Aris Setyawan

Assalammu’alaikum Wr.Wb
kenalin nih sobat baru kita, LEBAH. Lhoooooo??????
L
ebah (Apis indica) merupakan spesies yang sangat unik. Hewan yang satu ini sangatlah termasuk pada filum arthopoda jenis insekta. Lebah termasuk insekta yang sangat unik karena kebiasaan kebiasaan hidupnya. Nahh…sahabat bullpen, Tahukah kamu apa saja ke istimewaan lebah??? Jangan – jangan hanya ngentupnya saja yang sobat ketahui…..??hehehehe.nahh… mari kita Berkenalan dengan dia.

Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik


Oleh : Guruh Aris Setyawan

  1. HAKEKAT PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang berkaitan dengan pertumbuhan biologis seseorang. Pertumbuhan adalah perubahan fisiologis sebagai hasil proses pematangan fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak sehat, berjalan pada suatu periode tertentu.

Perkembangan secara umum diartikan suatu perubahan aspek psikis dari kurang terdiferensiasi menuju deferensiasi, terarah, terorganisasi dan terintegrasi meningkat secara bertahap menuju kesempurnaan, dari samar-samar menuju ke yang lebih terang. Perubahan tersebut berlangsung terus dari yang sederhana menuju ke kompleks, hasil perkembangan sebelumnya diteruskan pada periode berikutnya..
Speaker(1996) dalam sunarto  dan Agung H(2007;38) mengemukakan dua macam pengertian yang berkaitan dengan perkembangan, yaitu :
  1. Ortogenetik, perkembangan sejak terbentuknya individu baru sampai dewasa.
  2. Filogenetik, perkembangan asal-usul manusia sampai sekarang.

Rabu, 10 Oktober 2012

Menjadi Guru Professional


Guru Professional
oleh Guruh Aris Setyawan
PENGERTIAN PROFESSIONALISME KEGURUAN

           Kata professional adalah suatu pekerjaa yang memerlukan pendidikan lanjut dalam sceience dan teknologi yang digunakan sebagai perangkat dasar untuk di implementasikan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat, sedangkan persyaratanya menurut uzer usman adalah :
1.      Menuntut adanya keterampilan yang bedasarkan konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendalam.
2.      Menemukan pada sesuatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan bidang profesinya.
3.      Menuntut adanya tingkat pendidikan keguruan yang memadai.
4.      Adanya kepekaan terhadap dampak kemasyarakatan.
5.      Memungkinkan perkembangan sejalan dengan dinamika kehidupan.
6.      Memiliki kode etik sebagai acuan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
7.      Memiliki klien / objek layanan yang tetap , seperti guru dan muridnya.
8.      Diakui oleh masyarakat , karena memang jasanya perlu dimasyarakatkan.

Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar


Inovasi Pembelajaran di SD
oleh Erna Dumiarini
Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi batasan, inovasi sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik berupa gagasan, metode atau alat. (KBBI, 1990 : 330)

Menurut Gagne (1975), setidaknya ada empat fungsi yang harus dilakukan guru kaitannya sebagai motivator.
1.  Parousal function atau membangkitkan dorongan siswa untuk belajar.
2.  Expectancy funtion yaitu menjelaskan secara konkret kepada siswa apa yang dapat          dilakukan pada akhir pengajaran. 
3.  Incentive function maksudnya guru memberikan ganjaran untuk prestasi yang dicapai siswa dalam rangka merangsang pencapaian prestasi berikutnya dan
4.  Disciplinary function bahwa guru membantu keteraturan tingkah laku siswa.

Apresiasi Puisi "INSYAF"


INSYAF
Oleh Amir Hamzah 1959.
Segala kupinta tiada kau beri
Segala kutanya tiada kau sahuti
Butalah aku terdiri sendiri
Penuntun tiada memimpin jari
 
Maju mundur tiada terdaya
Sempit bumi dunia raya
Runtuh ripuk astana cuaca
Kureka gembira di lapangan dada

Buta tuli bisu kelu
Tertahan aku di muka dewala
Tertegun aku dijalan buntu
Tertebas putus sutera sempana

Benar benar salah arahku
Hampir tertahan tumpah berkahmu
Hampir tertutup pintu restu
Gapura rahasia jalan bertemu
Insyaf diriku dera durhaka
Gugur tersungkur merenang mata
Samar terdengar suwara suwarni
Sapur melipur merindu bertemu





A. Ciri-ciri kebahasaan puisi
1.      Pemadatan bahasa
Pemadatan bahasa adalah sebuah kata yang bermakna lua. Misalnya pada Contoh puisi “ INSYAF” karya Amir Hamzah..
Segala ku pinta tiada kau beri
Segala ku tanya tiada kau sahuti
Buatlah aku terdiri sendiri
Penuntun tiada memimpin diri
.................................................
Pada bait pertama kata “kau” sebagai kata kunci..kau siapa??siapoakah si Kau ini?? Kata kau ini menjelaskan bahwa si aku/penulis tengah mendapatkan sebuah kesusahan karena semua pertanyaan dan permintaanya tidak dijawab oleh “kau” yaitu tuhan. Sehingga ia mendengarkan suara samar samar yang merdu merindukan rahmat dari tuhannya .
Maju mundur tiada terdaya
Sempit bumi dunia raya
Runtuh ripuk astana cuaca
Kureka gembira di lapangan dada
Pada bait kedua ini “maju mundur tiada terdaya” merupakan pemadatan kata yang artinya bahwa segala yang dinginkannya tak mampu terpenuhi. Apa yang menjadi harapannya hancur karena sikap durhakanya terhadap tuhannya.
2.      Pemilihan kata Khas dan Irama
A.Makna Kias / kata khas
            Pada puisi “ INSYAF”  kata Buta tuli bisu kelu merupakan sebuah kiasan terhadap keadaan penulisnya yang merasakan sebuah kegundahan hati dan ketakutan akan dosa dosanya hingga dia tidak mampu mendengarkan hidayah dari tuhannya. Buta menggambarkan perilaku yang dia lakukan senantisa melakukan dosa karena tidak pernah melihat dan menjalankan aturan aturan agama.bisu menggambarkan dirinya tidak mampu untuk membaca doa untuk memohon ampunan dari tuhannya.
B.Lambang
            Contoh lambang yang ada pada puisi INSYAF pada larik berikut:
.........................................
Tertegun aku dijalan buntu
Tertebas putus sutera sempana

Kata putus melambangkan hancur, hilang, sirna sebuah harapan yang selama ini sangat diidam-idamkan oleh si aku karena doa-doanya tak pernah dikabulkan oleh tuhan.
C.Rima atau Persamaan Bunyi
Contoh :          Benar benar salah arahku
Hampir tertahan tumpah berkahmu
Hampir tertutup pintu restu
Gapura rahasia jalan bertemu
Pada bait ke 4 puisi diatas , mengandung sajak yang sama yaitu (a-a-a-a) yaitu tiap larik selalu berakhiran dengan huruf “U”.
3.      Kata Konkret
Kata Konkret adalah kata yang menggambarkan makna yang sesungguhnya yang ditulis oleh si pengarang. Contohnya :
Segala kupinta tiada kau beri
Segala kutanya tiada kau sahuti
..............................................
Apa yang menjadi perkataan tuhan tidak bisa kita dengarkan , tapi rahmatnya bisa kita rasakan. Penuluis mengeluh dalam hidupnya karena apa yang menjadi cita-citanya tidak pernah dikabulkan oleh tuhan.
4.      Pengimajinasian
Pengimajinasian merupakan sebuah khayalan yang diberikan oleh penulis yang memiliki makna secara tersirat. Contoh pada larik puisi :
.........................................
Hampir tertutup pintu restu
Gapura rahasia jalan bertemu
..........................................
Dari kata kata diatas , pembaca seolah merasakan sebuah bagaimana harapan yang amat besar dari penulis. Penulis menulis Pintu Restu adalah sebuah imajinasi dari pintu taubat atau insyaf yang telah diberikan oleh tuhannya. Penulis mengisyaratkan bahwa si penulis berputus asa dalam memohon ampunan-Nya karena kesempatan bertaubatnya semakin kecil. Gapura rahasia adalah imajinasi dari Surga yang di idam-idamkan oleh penulis yang hampir tertutup untuk masuk kesana karena dosa-dosanya.  
B. Hal – hal yang di lukiskan pada puisi.

·         Tema 

Tema merupakan sebuah gagasan yang diungkapkan penyair terhadap puisinya. Pada puisi “insyaf” meiliki tema Ketuhanan atau relegius. Pada puisi insyaf ini mampu membuat sang pembaca lebih bertaqwa dan segera bertobat jika membuat kesalahan sebelum ajal menjemputnya. Si aku pada puisi ini benar benar ingin bertaubat dan ingin kembali mendapatkan cahaya iman dari tuhan. Dengan pernyataannya pada bait terakhir puisi. Ia berserah diri memohon ampunan dari tuhannya.

·         Nada 

Pada puisi insyaf penulis mengungkapkan nada dengan meminta belas kasih dari tuhannya agar dia bisa kembali kejalan tuhannya lagi. Puisi ini juga memberikan pelajaran bagi kita untuk memohon sesuatu kepada tuhan dan bukan jkepada selain-Nya.

·         Amanat

Hal yang paling penting dari puisi adalah amanat. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan ioleh penulis terhadap pembaca. Amanat dari puisi ini adalah sebagai maklhuk tuhan sudah selayaknya kita patuh pada ajarannya dan tidak boleh mendurhakainya.  Jika kita telah berbnuat dosa , sudah seharusnya kita memohon pengampunan dengan taubat yang sungguh-sungguh dan berjanji tidak mengulanginya lagi. Karena hidup manusia sangatlah singkat didunia ini. Bertaubatlah sebelum pintu taubat benar-benar tertutup( mati).

Di terbitkan oleh Guruh Aris Setyawan